Jenis Motor
Sampai pada tahun 1960-an, motor 4 tak mendominasi kejuaraan di semua kelas. Kemudian muncul motor jenis 2 tak di kelas kecil yang semakin merambah ke kelas besar. Peraturan yang hanya dibatasi kapasitas mesin dan batasan jumlah silinder membuat mesin 2 tak menjadi primadona. Seiring perkembangan jaman, yang tidak mendukung lagi mesin 2 tak karena isu polusi, mesin 4 tak kembali hadir pada tahun 2002 dengan kelas motoGP, 990cc 4 tak.
Grid
Pada awalnya di semua kelas, satu row grid diisi dengan 5 pembalap. Mulai tahun 1990, row hanya diisi 4 pembalap karena alasan keamanan. Baru pada tahun 2004, hanya diisi 3 pembalap di masing-masing row, khusus untuk kelas motoGP.
Poin
Sistem poin adalah 25, 20, 16, 13, 11, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, 1 adalah sistem terlama yang digunakan sejak tahun 1993. Hampir setiap musim ada perubahan di tahun-tahun selanjutnya.
Artinya, siapa yang mendapatkan ranking 1 di race tersebut maka akan memperoleh nilai 25, kedua 20 dan seterusnya.
Sebelumnya, satu poin ekstra diberikan kepada pemegang fastest lap hingga tahun 1975.
sumber gambar:
motogp.com
Artikel keren lainnya: